Rabu, 09 Juli 2014

This is My Choice...





 
Psikologi...
Pasti teman-teman semua pernah mengikuti yang namanya tes psikologi atau psikotes kan? Psikologi itu suatu ilmu yang mempelajari tentang jiwa seseorang. Itu definisi psikologi menurut saya J
Awalnya saya tidak begitu tertarik dengan psikologi, tapi saat saya melihat kakak kelas saya yang mengambil jurusan psikologi saya terkesan. Karena saya melihat dia sebagai sosok seorang yang dewasa, cara penyampaian dia saat berbicara membawa kita tenang dan ingin mendengarkan cerita dia lebih banyak, saya tidak tau itu memang bawaan dia atau karena dia telah belajar psikologi. Akhirnya saya tertarik untuk masuk dalam jurusan psikologi ini.
Saya berharap dengan masuknya saya dijirusan psikologi ini saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dewasa, bermanfaat bagi orang lain, dan satu tujuan saya, saya ingin sukses dan membahagiakan orang tua dimasa tua mereka. Dengan masuk jurusan psikologi saya melihat banyak peluang untuk mencari pekerjaan dan prospek kerjanya juga dinilai banyak.
Menurut artikel yang saya baca cabang-cabang ilmu psikologi terdiri dari :
1.   Psikologi Perkembangan

Yaitu mempelajari perilaku seseorang dari lahi sampai lanjut usia. Prospek kerjanya bisa menjadi Dosen, Psikolog, dan Konsultan

2.     2.  Psikologi Sosial
Yaitu mempelajari tentang pengaruh sosial terhadap proses individu dan proses individual bersama. Prospek kerjanya bisa menjadi anggota DPR, kerja dipartai politik dan LSM
  
3.    Psikologi Klinis
Yaitu penerapan psikologi dalam memahami, mencegah dan memulihkan keadaan psikologis individu kembali normal. Prospek kerjanya bisa bekerja di rumah sakit

4.       4.  Psikologi Industri
Yaitu memfokuskan pada pengembangan, mengevaluasi, dan memprediksi kinerja suatu kerjaan yang oleh individu. Prospek kerjanya bisa menjadi konsultan dan bekerja di HRD (Human Resource Develoment)

5.       5.  Psikologi Pendidikan
Yaitu menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik. Prospek kerjanya bisa menjadi Dosen atau guru BK.

                Pasti teman-teman semua banyak yang mengira kalau psikolog itu sama dengan psikiater. Lalu apa perbedaan Psikolog dan Psikiater itu?  Perbedaannya adalah psikolog itu hanya ilmu yang bisa memahami sifat manusia dari luar saja tanpa tau penyakit dalam seseorang dan psikolog itu tidak bisa memberi seseorang obat, tapi kalau psikiater itu awal mulanya adalah seorang dokter umum yang mengambil spesialis untuk menjadi psikiater. Jadi teman-teman sudah taukan apa perbedaan Psikolog dengan Psikiater ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar